Safety talks

Safety Talks : Laporkan Nearmiss

Laporkan semua nearmiss segera. Sebagian besar kecelakaan didahului oleh banyak kejadian nearmiss.

Secara definisi :

  • OSHA mendefinisikan nearmiss sebagai insiden “di mana seorang pekerja mungkin terluka jika situasinya sedikit berbeda.
  • ISO 45001 mendifinisikan nearmiss adalah “insiden terkait pekerjaan di mana tidak terjadi cedera atau gangguan kesehatan, tetapi berpotensi menyebabkan hal tersebut
  • National Safety Council (NSC), mendifinisikan near miss adalah suatu peristiwa yang tidak direncanakan, tidak mengakibatkan cedera, penyakit, atau kerusakan properti tetapi memiliki potensi untuk mengakibatkan kerugian-kerugian tersebut

Jika anda tahu tentang piramida kecelakaan, bahwa kadang kala suatu kecelakaan diawali dengan nearmiss. Dalam setiap 600 hampir celaka akan ada 30 kasus kecelakaan yang menyebabkan kerusakan pada peralatan, mesin atau material, dan diantara itu kemungkinan ada 10 kasus kecelakaan yang berakibat pada cidera ringan dan diantara itu juga ada kemungkinan 1 kasus kecelakaan cidera serius atau bahkan kematian.

Artinya, kita tidak dapat menyepelekan nearmiss karena kita tidak pernah tahu diantara hampir celaka yang mana bisa menyebabkan kita atau orang lain celaka. Sepertinya yang namanya kecelakaan tidak juga menunggu sampai 599 near miss dulu kemudian nearmiss yang ke 600 jadi celaka. Untuk itu, kita harus tetap berhati-hati dan memperhatikan kondisi serta perilaku dalam beraktivitas.

Nah apa yang bisa dilakukan terkait nearmiss ini
1️⃣ Laporkan kepada atasan Anda sehingga dia dapat melacak polanya, menentukan masalahnya, dan mengambil tindakan korektif.
2️⃣ Jika memungkinkan singkirkan bahaya tersebut agar tidak berulang. Lakukan bagian kita untuk melindungi rekan kerja kita yang lain. Tetapi tetap laporkan kepada atasan terkait nearmiss tersebut.
3️⃣ Cedera seringkali dapat ditelusuri kembali ke peralatan atau kerusakan properti yang tidak pernah dilaporkan dan diperbaiki. Laporkan juga peralatan yang rusak misalnya:
• APD yang rusak
• Tangga yang rusak
• Malfunctionnya suatu peralatan dll

4️⃣ Hal lain yang bisa dilaporkan adalah terkait dengan kondisi tidak aman dan perilaku tidak aman. Misalnya pengangkatan yang tidak benar, tidak menggunakan APD yang tepat, kondisi lantai yang licin, dsb.

Jika Anda dapat mengurangi atau menghilangkan nearmiss di bagian bawah piramida, Anda dapat membantu mengurangi insiden dan cedera serius di bagian atas piramida.

Jangan pernah sepelekan nearmiss, karena yang disepelekan akan disesalkan kemudian.

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE at Multinational Automotive Company. Bachelor Degree of Environmental Health and Master Degree of Occupational Health & Safety - Universitas Indonesia. Author of "70 Materi Safety Talks"

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button