Safety talks

Health Talk: Pencegahan Penyebaran COVID-19

Rekan-rekan sekalian, untuk hari ini pemaparan yang akan disampaikan adalah mengenai coronavirus baruKita ketahui bersama bahwa saat ini dunia telah digemparkan dengan menjangkitnya penyakit coronavirus baru yang dinamakan dengan COVID-19.  Penting untuk menyampaikan informasi ini, karena ada risiko tinggi penyakit ini dapat menyebar ke negara lain. Namun sebelumnya kita simak video berikut untuk mengetahui lebih dalam mengenai COVID-19.

Virus ini dapat menyebar dari penderita COVID-19 melalui hembusan napas atau batuk.  Tetesan cairan dari seseorang penderita COVID-19 umumnya terkandung virus ini.  Ketika tetesan ini mengenai permukaan benda disekitar kita kemudian kita menyentuk permukaan benda tersebut lalu kita menyentuh mata, hidung atau mulut maka peluang kita terkontaminasi virus ini akan semakin besar.  Proses penularannya seperti penyakit flu pada umumnya.  Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu kita lakukan yaitu:

  • Kita harus senantiasa memastikan bahwa tempat kerja kita hygiene dalam artian terhindari dari kontaminasi coronavirus jenis baru ini.
  • Pastikan untuk senantiasa mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air.
  • Bagi mereka yang menderita pilek atau batuk harap menggunakan masker.
  • Pastikan anda mematuhi tata cara untuk bersin atau batuk agar tidak menyebarkan virus ke orang lain.
  • Jika nantinya COVID-19 ini mulai menyebar di Lingkungan kita maka mereka yang batuk ringan dan memiliki suhu 37,7oC atau lebih harus tetap berada dirumah dan konsutasikan ke pihak dokter atau rumah sakit terdekat.
  • Perlu diwaspadai juga bahwa menurut beberapa ilmuwan, ada gejala tidak tampak namun ternyata positif covid-19.

WHO juga mengatakan perlu mempertimbangkan beberapa hal bagi karyawan yang harus bepergian.  Hal-hal yang perlu diperhatikan mencakup sebelum bepergian, saat bepergian dan ketika kembali bepergian.

  • Pastikan untuk membawa sebotol kecil alcohol untuk membantu proses cuci tangan secara teratur dan jaga jarak dengan orang yang batuk atau bersin.
  • Lebih baik hindari wilayah dengan risiko tinggi misalnya kuruman masyarakat atau negara-negara yang level bahayanya sudah tinggi (bisa dilihat di informasi WHO).
  • Pastikan tahu siapa yang harus kita hubungi jika kita merasa sakit saat bepergian
  • Sesuai Prosedur jika baru kembali dari daerah COVID-19 menyebar sebaikanya memperhatikan kondisi diri sendisi selama 14 hari dan mengecek suhu tubuh dua kali sehari.

Secara garis besar, poin-poin ini perlu dipertimbangkan oleh kita semua guna mencegah penularan yang lebih besar.

Sumber

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button