Safety

Perkuliahan di S2 K3 UI (Part 2)

Pembahasan mata kuliah S2 K3 UI semester 2-4

Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan mengenai gambaran umum mata kuliah S2 K3 UI untuk semester 1. Pada artikel berikut, saya akan melanjutkan penjelasan mengenai gambaran umum mata kuliah jenjang magister K3 di UI pada semester 2, 3 dan 4. Sebelumnya saya informasikan bahwa jadwal perkuliahan di S2 K3 UI adalah pada hari Jumat dan Sabtu. Untuk Jumat umumnya pada sore hari sedangkan Sabtu full day.

Mata kuliah S2 K3 UI

Kurikulum S2 K3 UI
Mata kuliah S2 K3 UI tahun 2020

Pada semester 1 Anda akan mendapatkan beberapa mata kuliah seperti Kesehatan Masyarakat Intermediate, Biostatistik Intermediate, Epidemiology Intermediate, Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja, dan Human Factors. Pembahasan mengenai mata kuliah tersebut sudah saya tulis pada artikel berikut ini. “Gambaran Mata Kuliah S2 K3 UI part 1.”

Pada semester 2 Anda akan berjumpa dengan mata kuliah Penilaian dan desain ergonomi, Industrial Hygiene, Sistem Manajemen K3, Promosi Kesehatan Pekerja (PKP) dan Prinsip Keselamatan. Namun sepertinya akan berbeda dengan kurikulum tahun 2020 dimana metode penelitian K3 dan manajemen penyakit akibat kerja hadir di semester 2.

Penilaian dan Desan Ergonomi

Dalam mata kuliah ini kita akan mendapatkan gambaran secara detail mulai dari konsep dasar ergonomi,, lingkup risiko ergonpmi di tempat kerja, dan metode manajemen risiko ergonomi. Secara lebih rinci juga dijelaskan mengenai lingkup bidang aplikasi ergonomi (Macro Ergonomic, Cognitive Ergonomic, Environmental Ergonomic dan Hardware Ergonomic). Hardware dalam hal ini umumnya mencakup pada anatomy, posture, body mechanics, work capacity, stress, displays, Manual handling, static work, the office desk and chair dll.

Untuk enviromental ergonomics pembahasannya mencakup heat, cold, vision, light and lighting, hearing, sound, noise and vibration. Sementara untuk cognitive ergonomics mencakup persepsi, ingatan, dan reaksi, sebagai akibat dari interaksi manusia terhadap pemakaian elemen sistem.

Higiene Industri

Gambaran Mengenai Higiene Industri diambil dari Slide Pak Syahrul (dosen K3 UI)

Secara mudahnya, untuk apa yang akan dipelajari di Higiene Industri tergambar pada gambar diatas. Dari gambar diatas tergambar mengenai pembagian peran antara seorang Higiene Industri, Kedokteran kerja, dan kesehatan kerja. Secara sederhana seorang Higiene Industri punya andil dalam melakukan rekognisi, evluasi dan kontrol.

Sistem Manajemen K3

Dalam mata kuliah sistem manajemen K3, kita akan mencoba untuk melihat bagaimana proses SMK3 ini terbentuk, bagaimana kondisi SMK3 disejumlah negara serta aplikasi SMK di Indonesia itu sendiri. Dalam mata kuliah ini juga kita akan melihat paradigma manajemen K3 serta berbagai type manajemen K3. Berbagai pendekatannya pun bermacam-macam ada yang Sophisticated behavioural, Adaptive hazard managers, Unsafe act minimisers, dan Traditional engineering and design. Selengkapnya silahkan baca tulisan saya yang berjudul “Type Sistem Manajemen K3″ atau baca juga “Efektifitas dua pendekatan (Mandatory Vs Voluntary) penerapan Sistem Manajemen K3”.

Promosi Kesehatan Pekerja

Mata kuliah promosi kesehatan pekerja (PKP) banyak membahas mengenai bagaimana upaya kita dalam memastikan pekerja tetap sehat. Mengutip dari BPKM yang dibuat oleh Prof Meily kompetensi yang diharapkan dari adanya mata kuliah ini adalah mahasiswa mampu menyusun program promosi kesehatan di tempat kerja (PKDTK) berdasarkan kebutuhan dan kemampulaksanaan dengan menggunakan konsep penilaian risiko kesehatan, konsep perubahan perilaku, konsep manajemen, serta menyusun rekomendasi cara promosi kesehatan di tempat kerja yang berbasis pada perilaku kesehatan pekerja, sebagai langkah awal dari pencegahan penyakit baik yang terkait maupun tidak terkait dengan pekerjaan dalam rangka mendapatkan keuntungan peningkatan kapasitas kerja dan derajat kesehatan pekerja. Di sesi akhir perkuliahan waktu itu, seluruh mahasiswa diberikan tugas untuk memilih menu makanan sehat di Margo City. hehehe

Semester 3

Untuk semester 3. Sebaiknya Anda sudah siap-siap untuk membuat sebuah artikel ilmiah yang akan di publikasi ke Jurnal Ilmiah yang terindeks scopus atau yang memiliki akreditasi yang baik (mungkin sekarang beda lagi). Jadi sejak awal semester 3, saya sudah mempersiapkan penelitian untuk membuat artikel ilmiah. Singkat cerita, saya di undang untuk mempresentasikan artikel ilmiah saya di Kuala Lumpur, Malaysia.

Undangan dari University of Malaya

Semester 3 mata kuliah yang akan didapat adalah manajemen risiko K3, metodologi penelitian K3, Manajemen Kebakaran dan Ledakan serta Toksikologi Lanjut.

Manajemen Risiko K3

Dalam mata kuliah ini dibahas lebih mendalam mengenai manajemen risiko dalam K3. Dibahas kembali lebih detail mengenai konsep hazard, risk, accident dan loss. Selain itu dijelaskan pula berbagai macam metode untuk melakukan analisis risiko. Dibahas juga mengenai analisis risiko kualitatif, semi kuantitatif dan kuantitatif serta pengendalian risiko.,

Toksikologi Lanjut

Dalam toksikologi lanjut mahasiswa akan diminta memahami bahaya kesehatan, bahaya keselamatan, jalur pajanan, ADME, serta regulasi yang berkembang dari suatu bahan kimia. Tujuannya adalah agar kita mampu mengidentifikasi segala risiko yang mungkin akan terjadi di tempat kerja baik bagi lingkungan ataupun bagi pekerja. Pada mata kuliah toksikologi lanjut akan ada banyak presentasi untuk menampilkan beberapa studi kasus penggunaan bahan kimia di tempat kerja. Saya dan tim dulu coba untuk menganalisis mengenai penggunaan checmical/ toxican di industri furniture.

Manajemen Kebakaran dan Ledakan

Mengutip dari BRP yang dibuat oleh tim Prof Fatma, bahwa mata kuliah ini memiliki tujuan agar mahasiswa memahami mengenai konsep dasar kebakaran, pencegahan kebakaran dan penanggulangan kebakaran, fire risk assessment, fire modelling, proteksi terhadap kebakaran serta pemadaman kebakaran harus diketahui oleh mahasiswa MK3 agar dapat melakukan evaluasi, tindakan pencegahan dan rekomendasi guna meminimisasi kerugian yang diakibatkan kebakaran. Diharapkan mahasiswa juga memiliki kemampuan untuk memadamkan api kecil dalam praktik pemadam kebakaran (fire fighting).

Dalam mata kuliah ini, kita juga akan banyak belajar mengenai fire investigation dan mempelajari sejumlah studi kasus kebakarang yang terjadi. Di akhir sesi, dilakukan simulasi penanganan kebakaran di sebuah wilayah/ tempat kerja. Satu kelas dibagi menjadi 2 kelompok. Satu kelompok memberikan kasus, dan satu kelompok coba menyelesaikan kasus tersebut.

Metodologi Penelitian

Singkat cerita, untuk metodologi penelitian nantinya akan dijelaskan tata cara dalam penyusunan tesis. Sangat bagus jika yang disusun dalam metodologi penelitian sejalan dengan topik yang akan dibahas pada tesis. Sehingga Anda tidak akan dua kali membuat Bab 1-4. hehehe.

Wisuda S2 K3 UI 2017
Foto bersama S2 K3 UI 2017 (Alhamdulillah lulus tahun 2019)

Semangat menyelesaikan tesis atau menyelesaikan syarat publikasi ilmiah.

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button