Rambu K3SafetyUmum

Desain Poster K3 ditempat Kerja

Poster K3 merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para HSE Professional dalam mengkampanyekan program-program K3. Poster ini di buat agar para pekerja memahami pesan K3 yang ingin disampaikan. Kadang kala ada sebagian orang yang lebih mengena jika pesan-pesan tersebut disampaikan dalam bentuk gambar bukan ceramah. Tentunya penempatan poster tersebut harus sesuai dengan bahaya dan risiko yang ada di area kerja. Penempelan poster merupakan salah satu bentuk pengendalian bahaya pada hirarki Administrative. Walaupun tidak se efektif eleminasi, substitusi dan engineering control, tetapi program ini juga dapat dikatakan effektif jika kita mampu mengkonsep desainnya dengan baik. Desain yang baik artinya yang mampu memberikan pemahaman kepada pekerja betapa pentingnya menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja selamat bekerja.

Poster K3 yang dibuat hendaknya dikemas sesuai dengan kondisi yang ada di tempat kerja masing-masing. Sehingga kadang kala poster K3 di satu tempat dengan tempat lain tidak dapat dipergunakan walaupun sebenarnya temanya sama. Poster K3 hendaknya dibuat dengan bahasa yang dapat dipahami oleh para pekerja mulai dari level bawah hingga atas.

Desain poster K3 yang baik bukan berarti harus dibuat dengan desain yang bagus. Namun poster K3 yang baik adalah poster yang makna dan tujuannya dapat diserap oleh setiap orang yang melihat atau membacanya. Oleh karena itu penting mempertimbangkan pemilihan warna, dan jenis font. Beberapa perusahaan terkadang berfokus pada kuantitas poster yang mereka pasang, padahal kualitas jauh lebih penting.

Kampanye melalui poster K3 ini mengingatkan pekerja tentang persyaratan keselamatan dan praktik terbaik. Ini juga bisa memotivasi, mendorong karyawan untuk menggunakan keterampilan dan kesadaran keselamatan mereka

Poster K3 harus ditempatkan pada tempat yang mudah pekerja membaca pesan itu, tidak terlindungi oleh barang atau benda yang membuat poster K3 tidak terlihat. Pemilihan warna juga harus tepat, agar tulisan yang ada di poster tersebut dapat mudah terbaca.

Beberapa situs pemerintah juga menyediakan mengenai kebutuhan poster dan beberapa materi edukasi. Misalnya untuk konten kesehatan bisa diakses di https://promkes.kemkes.go.id/.

Poster K3

Note: Contoh-contoh poster K3 ini bukan karya pribadi saya. Ini hanya contoh desain poster K3 yang saya kumpulkan dari berbagai sumber. Di setiap gambar terdapat copyright (ada tulisan kecil) yang menerangkan terkait identitas designer.

Berikut adalah contoh desain poster K3 berbahasa Indonesia (LIHAT). Jika Anda ingin memesan desain ini bisa mengakses link berikut ini Order Poster K3.

Jika ingin mendapatkan kumpulan contoh-contoh poster K3. Silahkan ikuti instruksi berikut ini

  1. Pertama, Anda harus sudah berlangganan artikel di website ini dengan cara memasukkan email pada kolom berlangganan Artikel HSEpedia dibawah ini (Gratis).
  2. Kedua, kami akan mengirimkan Email konfirmasi kepada Anda.
  3. Ketiga, silakan cek email Anda sekarang dan klik ‘KONFIRMASI’ dari email yang kami kirimkan kepada Anda.
  4. Keempat, silahkan akses kumpulan poster K3 pada link berikut (Lihat) dan ajukan permintaan akses.
  5. Terakhir, Berdoa dan tunggu beberapa saat untuk kami melakukan verifikasi.
  6. Kami juga menyediakan jasa cetak poster K3. Silahkan untuk order melalui link berikut. Order Poster K3
Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button