Umum

Kumpulan Materi Safety Talks

Berikut adalah kumpulan materi safety talks

Apakah anda sering kebingungan mencari materi safety talks atau toolbox meeting yang akan disampaikan? Tenang kami akan membagikan kepada Anda secara gratis, beberapa materi yang dapat anda pergunakan di tempat anda bekerja.  Namun, sebelumnya anda harus paham terlebih dahulu apa itu safety talks? 

Safety Talks atau terkadang ada yang menyebutnya toolbox meeting atau kadang juga materi P5M adalah salah satu cara mudah untuk mengingatkan pekerja bahwa kesehatan dan keselamatan penting dalam pekerjaan. Setiap pembicaraan bisa memakan waktu sekitar lima menit dan dapat membantu pekerja mengenali dan mengendalikan bahaya pada proyek atau pekerjaannya. Hal ini juga menunjukkan komitmen pengusaha dan pekerja terhadap kesehatan dan keselamatan.

Mekanisme penyampaian safety talks atau toolbox meeting atau materi P5M ini bermacam-macam. Ada yang disampaikan setiap pagi sebelum memulai pekerjaan. Ada pula yang disampaikan setiap memulai proyek baru. Serta yang menyampaikan tidak selalu manager K3, tetapi bisa saja Supervisor atau pekerja (operator) itu sendiri. Pada prinsipnya, pelaksanaan safety talks ini untuk memberikan / mengingatkan/ mengedukasi tentang pentingnya K3 dalam pekerjaan yang dilakukan.

K3 adalah

Kami tetap berusaha untuk mengupdate topik materi ini secara berkelanjutan, sehingga Anda pun akan lebih mendapatkan banyak informasi melalui situs ini. Berikut ini kami sajikan daftar materi safety talks yang dapat anda pergunakan di tempat anda bekerja. Ingat, di masing-masing tempat bekerja memiliki perbedaan sehingga anda perlu menyesuaikan dengan lingkungan kerja anda masing-masing pula. Selain itu, format dalam artikel dibawah ada dua. Pertama yang dapat anda langsung sampaikan karena formatnya seperti safety talks langsung, namun ada juga yang berupa pembahasan materi yang perlu di ringkas saat menyampaikannya.

Berikut adalah Materi Safety Talks

Safety talks ini tentunya akan baik, jika anda menyesuaikannya dengan kondisi bahaya dan risiko ditempat anda bekerja. Semoga kita bisa memahami betapa pentingnya keselamatan dan kesehatan kerja itu.

Selain materi diatas, kami juga menyediakan beberapa contoh JSA. Apa itu JSA? JSA (Job Safety Analysis) adalah tools keselamatan yang dapat digunakan untuk mendefinisikan dan mengendalikan bahaya yang terkait dengan proses, pekerjaan, atau prosedur tertentu. Definisi lain JSA yaitu dapat dikatakan sebagai sebuah prosedur yang membantu mengintegrasikan prinsip dan praktik keselamatan dan kesehatan kerja ke dalam tugas atau operasi pekerjaan tertentu.  Mungkin sebagian dari kita ada juga mengenal istilah JHA (Job Hazard Analysis). Lihat contoh JSA.

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

8 Comments

  1. Mantaap masih Anget / fresh yaa niih ilmu K3 nya
    Mas Joko Alumnus K3 UI tahun 2019 yaa
    Salam Kenal Saya Budi Santosa SKM MKKK Alumnus Tahun 2004 kita satu alumni

  2. Mantaap masih Anget / fresh yaa niih ilmu K3 nya
    Mas Joko Alumnus K3 UI tahun 2019 yaa
    Salam Kenal Saya Budi Santosa SKM MKKK Alumnus Tahun 2004 kita satu alumni

  3. Artikelnya sangat bermamfaat. Boleh kah pak menanyakan buku atau jurnal yang digunakan untuk membantu membuat artikel ini? Kebetulan saya sedang proses pengerjaan skripsi. Terimakasih pak.

  4. Selamat malam, Pak. Artikel yang ditampilkan sangat bermamfaat. Bolehkah saya menanyakan buku atau jurnal yang digunakan untuk pendukung pembuatan artikel ini? Kebetulan saya sedang dalam pengerjaan skripsi. Terimakasih pak, mohon bantuannya.

    1. Selamat malam. Untuk referensi yang digunakan banyak dan beberapa juga berdasarkan pengalaman pribadi saya. Saat ini saya dan rekan saya juga sedang dalam penyusunan materi safety talks. Insya Allah awal tahun depan akan rilis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button