Umum

Contoh JSA (Job Safety Analysis)

JSA (Job Safety Analysis) adalah tools keselamatan yang dapat digunakan untuk mendefinisikan dan mengendalikan bahaya yang terkait dengan proses, pekerjaan, atau prosedur tertentu. Definisi lain JSA yaitu dapat dikatakan sebagai sebuah prosedur yang membantu mengintegrasikan prinsip dan praktik keselamatan dan kesehatan kerja ke dalam tugas atau operasi pekerjaan tertentu.  Mungkin sebagian dari kita ada juga mengenal istilah JHA (Job Hazard Analysis).  

JHA (Job Hazard Analysis) adalah teknik yang berfokus pada tugas-tugas pekerjaan sebagai cara untuk mengidentifikasi bahaya sebelum terjadi. Ini berfokus pada hubungan antara pekerja, tugas, alat, dan lingkungan kerja. Idealnya, setelah Anda mengidentifikasi bahaya yang tidak terkendali, Anda akan mengambil langkah-langkah untuk menghilangkan atau menguranginya ke tingkat risiko yang dapat diterima (OSHA).  

Sebagian professional Safety mengatakan bahwa tidak ada perbedaan mendasar antara JSA dan JHA, namun sebagian lagi ada yang berpendapat bahwa keduanya memiliki perbedaan.  JHA menambahkan “penilaian risiko” ke prosedur JSA dengan memasukkan evaluasi risiko (pada setiap langkah), dan dengan mengklasifikasikan dan mengidentifikasi “probabilitas” dan “keparahan.” Dan itu adalah perbedaan utama antara JSA dan JHA.  Namun menurut pendapat saya itu hanya perbedaan terminologi, padahal hasil akhir keduanya tetaplah sama.  Bagaimana menurut kalian?

JSA

Kapan JSA dilakukan?

  • Pekerjaan dengan tingkat cedera atau penyakit tinggi,
  • Pekerjaan dengan potensi tinggi untuk cedera atau sakit,
  • Pekerjaan dan proses yang baru diimplementasikan, atau pekerjaan yang telah mengalami perubahan dalam proses dan prosedur (belum ada di SOP) dan
  • Pekerjaan yang cukup kompleks sehingga membutuhkan instruksi tertulis.

“JSA yang baik adalah yang dibuat oleh Penanggung Jawab pekerjaan (supervisor) yang memahami betul bahaya di tempat kerja serta melibatkan pekerja dalam pembuatannya. JSA disatu tempat dengan tempat lain bisa berbeda tergantung langkah-langkah kerja yang dilakukan. Sehingga JSA yang ada harapannya hanya sebagai referensi saja.”

Dikarenakan besarnya size file tersebut, bagi Anda yang ingin mendapatkan kumpulan Job Safety Analysis yang sudah kami kumpulkan. (Saya ada lebih dari 300 contoh JSA). ikuti langkah berikut ini.

  1. Pertama, Anda harus sudah berlangganan artikel di website ini dengan cara memasukkan email pada kolom berlangganan Artikel HSEpedia dibawah ini (Gratis).
  2. Kedua, kami akan mengirimkan Email konfirmasi kepada Anda.
  3. Ketiga, silakan cek email Anda sekarang dan klik ‘KONFIRMASI’ dari email yang kami kirimkan kepada Anda.
  4. Keempat, silahkan akses conoth-contoh JSA melalui s.id/jsa-hsepedia dan ajukan permintaan akses.
  5. Terakhir, Berdoa dan tunggu beberapa saat untuk kami melakukan verifikasi.
Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button