SafetyUmum

Download Kumpulan Checklist K3

Kumpulan checklist K3

Kumpulan checklist K3 atau daftar periksa K3 merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam memonitoring implementasi K3 di lapangan. Pada dasarnya, checklist K3 ini tidak harus dibuat oleh para praktisi K3. Karena, pekerja dilapanganlah yang sebenarnya lebih memahami poin apa saja yang harus diperiksa terkait dengan aspek keselamatan. Namun tak jarak juga para pekerja bertanya kepada petugas K3 di perusahaannya masing-masing mengenai syarat K3 dimasing-masing alat yang digunakan.

Untuk itu, kami berikan beberapa contoh checklist K3 yang kami dapatkan juga dari rekan-rekan praktisi K3. Checklist K3 ini berfokus kepada item-item pemeriksaan tools/ equipment yang digunakan saat bekerja. Misalnya tangga, gerinda, las, scaffolding, forklift dan berbagai jenis peralatan lainnya. Perlu dipahami bahwa checklist yang kami sampaikan ini hanyalah contoh yang dapat Anda jadikan referensi dalam mengembangkan checklist yang sesuai dengan tempat kerja Anda masing-masing.

Checklist K3 ini dapat berupa lembaran item daftar periksa atau dapat dikreasikan menjadi sebuah poster K3. Silahkan cek di sini (LIHAT)

Pelaksanaan pemeriksaan dengan menggunakan checklist ini dapat diatur sesuai dengan tingkat risiko dan kebutuhan dari manajemen itu sendiri. Beberapa ada yang digunakan saat awal alat tersebut dibeli, ada juga yang dilakukan secara tahunan, bulanan, mingguan bahkan harian. Untuk menentukan jangka waktu pemeriksaan silahkan Anda analisis sesuai dengan identifikasi bahaya dan analisis risiko yang tim Anda lakukan. Selain it, juga bisa merujuk kepada aturan pemerintah setempat yang memang mempersyaratkan dilakukan pemeriksaan secara periodik.

Contoh checklist K3 yang kami berikan ini pada umumnya hanya dipergunakan untuk kebutuhan internal. Berbeda lagi dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh lembaga independen. Sehingga perlu kami sampaikan bahwa tidak semua pemeriksaan internal dapat menggantikan pemeriksaan eksternal dan tidak semua pemeriksaan harus dilakukan oleh pihak eksternal. Silahkan baca kembali regulasi K3 yang telah beradar.

Berikut beberapa contoh checklist K3 yang dapat Anda pergunakan

Note: Checklist ini kami dapatkan dari sumber lainnya namun setelah kami telusuri tidak mendapatkan sumber utamanya dan nampaknya sudah banyak di internet. Sehingga kami tidak dapat menuliskan referensinya secara spesifik. Terima kasih

Checklist K3 ini dapat berupa lembaran item daftar periksa atau dapat dikreasikan menjadi sebuah poster K3. Silahkan cek di sini (LIHAT)

Regulasi K3L merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam menjalankan aktivitas baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkup usaha.  Kami mencoba mengumpulkan regulasi-regulasi K3L tersebut dalam satu folder.  Silahkan cek kumpulan regulasi tersebut di sini,

Jika Anda tidak ingin ketinggalan update artikel di HSEpedia ini. Silahkan masukkan email Anda dalam kolom berlangganan dibawah ini. Anda akan mendapatkan notifikasi di email Anda setiap ada artikel baru yang kami publikasikan. Anda pun dapat kapan saja berhenti berlangganan jika menurut Anda artikel kami kurang sesuai dengan keinginan Anda. Terima kasih

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button