Health

Jeruk Nipis ditambah Kecap untuk Obat Batuk, Fakta atau Mitos?

Apakah anda adalah satu orang yang ketika mengalami batuk kemudian meminum perasan jeruk nipis yang ditambah dengan kecap?  Ya, ada sebagian orang yang melakukan hal ini karena merasa obat herbal seperti ini lebih ampuh khasiatnya.  Hal ini pun tidak lepas dari saran para orang tua dan nenek moyang kita yang memberikan rekomendasi ini.  Namun apakah pendapat itu sepenuhnya benar?

Jeruk nipis memiliki nama latin Citrus aurontifolia.  Memiliki ukuran yang relative kecil dibandingkan dengan jenis jeruk lainnya yaitu hanya berkisar 3-6 cm untuk diameternya.  Sementara itu untuk warna kulitnya sendiri hijau pekat hingga agak kekuningan namun masih di dominasi oleh warna hijau.  Umumnya jeruk nipis ini mengandung 30mg vit C yang umumnya dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh manusia.

Lalu bagaimana perasan jeruk nipis tersebut dapat menyembuhkan batuk?

Melihat dari track record selama ini, perasan jeruk nipis yang dicampur dengan kecap memang cukup ampuh untuk mengatasi keluhan batuk kita.  Rupanya hal ini disebabkan oleh perasannya yang mengandung minyak atsiri.  Minyak atsiri ini berfungsi sebagai antiseptic pada tubuh manusia, sehingga mampu membunuh virus atau bakteri jahat yang ada dalam tubuh manusia.  Minyak atsiri dan zat lain dalam perasan ini rupanya dapat mengontrol otot-otot pada pernapasan sehingga secara berangsur-angsur batuk akan mereda.

Lalu mengapa harus ditambahkan dengan kecap manis?

Sebenarnya penambahan kecap manis tidak terkait sebagai obat penyembuh batuk.  Penambahan kecap manis sebenarnya untuk mempermudah kita mengkonsumsi perasan jeruk nipis yang sangat asam.  Sehingga, kecap dalam hal ini sebenarnya dapat diganti dengan madu ataupun bahan lainnya yang mungkin lebih memiliki khasiat.

Cara Membuat Obat Batuk dari Jeruk Nipis

Bagi teman-teman yang belum pernah mencoba membuatnya berikut cara mudah membuat obat herbal tersebut.

  1. Siapkan jeruk nipis
  2. Iris pada bagian sisinya, kemudian peras dan tambahkan kecap manis atau madu (tergantung selera anda).
  3. Untuk perbandingan perasan jeruk nipis dan kecap manis/ madu adalah 1:1. Kemudian silahkan langsung diminum.  Minum 2-3 kali sehari rutin sampai batuk sembuh.
  4. Jika anda tidak kuat dengan rasa asam, anda dapat mencampurnya dengan air hangat (ini seperti yang biasanya di jual di restoran-restoran).

Sangat mudah namun berkhasiat bukan.  Selain untuk batuk, rupanya juga memiliki khasiat lainnya seperti membantu penyembuhan sariawan, membantukan memulihkan kondisi tubuh yang lemah dll.

Reference :

Anandita, Eka. 2015.  Membongkar Kesalahpahaman tentang Makanan & Kesehatan. Jakarta: Medika.

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist. Magister Keselamatan & Kesehatan Kerja Universitas Indonesia
Back to top button
Close
Close