Health

Cara Melakukan 10.000 Langkah Per Hari

Pernahkah kamu menonton film Wall-E? Film animasi besutan Disney ini menggambarkan kehidupan futuristik dengan kemajuan teknologi yang amat pesat. Namun, di balik berbagai kemudahan yang ditawarkan masa depan, tetap saja terdapat masalah yang bisa menimpa umat manusia. salah satunya dari segi kesehatan. Di situ, kita bisa melihat bahwa kebanyakan orang mengalami obesitas akibat kurangnya aktivitas fisik.  Berjalan 10.000 langkah per hari dapat menjadi salah satu kegiatan untuk menambah aktivitas fisik kita. Aktivitas ini termasuk aktvitas fisik sedang yang menurut WHO harus dilakukan selama 150 menit dalam seminggu. Berjalan 10.000 langkah per hari bisa memenuhi rekomendasi tersebut, atau bahkan lebih.

Untuk mengetahui berapa langkah yang biasa kita ambil, kita bisa menggunakan pedometer melalui aplikasi dalam smartphone kita. Beberapa aplikasi yang bisa diunduh gratis misalnya Runtastic Pedometer atau Noom Walk: Pedometer.  Menurut NHS di Britania Raya, saat ini, rata-rata langkah yang dilakukan seseorang hanya 3.000-4000 per hari. Menggenapkannya menjadi 10.000 mungkin terdengar cukup berat, padahal kita bisa melakukannya dengan cara yang mudah.  Misalnya, dengan berjalan ke tempat tujuan ketimbang menggunakan kendaraan. Jika jaraknya cukup jauh dan kita memang harus menggunakan kendaraan, coba turun di awal lalu melakukan sisa perjalanan dengan berjalan.

Selain itu, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk membuat aktivitas ini semakin menyenangkan, misalnya:

  1. Mengajak teman untuk berjalan bersama. Selain agar tak kesepian, kamu dan temanmu bisa saling menjaga kesehatan bersama.
  2. Berjalan sambil mendengar musik. Musik irama cepat bisa menambah semangat, musik dengan irama lambat bisa menambah efek dramatis saat kamu berjalan.
  3. Rencanakan perjalanan menarik. Mungkin kamu memiliki keinginan untuk mengunjungi suatu tempat, why not take the opportunity to take a walk there?

Berjalan 10.000 langkah per hari adalah aktivitas fisik yang pantas kamu jadikan kebiasaan. Kamu bisa mencegah naiknya berat badan, memperbaiki suasana hati, dan menurunkan risiko berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung. Mungkin rasanya akan sedikit lelah di awal, tapi jika dilakukan terus menerus, maka aktivitas ini bisa menjadi kebiasaanmu. Bahkan, kamu mungkin bisa berjalan lebih dari 10.000 langkah per hari!

Sumber :

National Health Service, 2014. The 10.000 Steps Challange. United Kingdom.1

Show More

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button