Safety talks

Safety Talks : Pencegahan Penularan Covid-19

Nampaknya pandemi ini belum juga berakhir, bahkan orang yang terkonfirmasi Positive Covid-19 terus bertambah. Oleh karena itu, materi safety talk pada hari ini adalah tentang pencegahan Covid-19.

Safety Talks Covid-19

Hal penting yang perlu dilakukan agar terhindar dari virus Corona adalah yaitu senantiasa melakukan 3M. Apa itu 3M?

Menjaga Jarak

M yang pertama adalah menjaga jarak. Kenapa menjaga jarak? Kita ingat betul, ketika di masa-masa awal ada istilah social distancing dan sekarang physical distancing. Hal ini bertujuan untuk memperkecil virus tersebar ke orang lain. Semakin banyak orang berkurumun, maka droplet tadi bisa jadi dapat menjangkau orang banyak. Sekalipun kita menggunakan masker ada potensi virus bisa menyebar juga terlebih masih banyak orang yang dalam menggunakan masker tidak baik. Oleh karena itu, penting untuk menjaga jarak.

Mencuci Tangan

M yang kedua adalah mencuci tangan. Kenapa harus mencuci tangan? Karena menurut penelitian bahwa virus dapat bertahap di permukaan benda selama beberapa jam dan dalam hal ini ada banyak potensi tangan kita menyentuh permukaan benda yang mungkin saja terdapat virus corona. Sehingga cuci tangan disini diperlukan agar tangan tetap bersih dan hygiene. Karena ada potensi tangan mengucek mata ataupun menyentuh bagian muka. Atau bagi mereka yang terkonfirmasi positive bisa saja virus tersebar melalui tangannya yang terdapat virus. Sehingga cuci tangan dalam hal ini diperlukan untuk menghindari virus menempel di permukaan benda.

Covid-19

Memakai Masker

M yang ketiga adalah memakai masker. Kenapa harus memakai masker. Tentu saja bagi mereka yang tidak terkonfirmasi positive adalah untuk meminimalisir risiko virus tidak tersebar ke dirinya. Ingat virus ini adalah jenis virus yang menyerang sistem pernapasan. Sementara bagi mereka yang terkonfirmasi positive, penggunaan masker bertujuan untuk menghambat penyebaran virus ke orang lain (Ingat: terkadang kita tidak tahu bahwa kita sudah terkonfirmasi positive).

Itulah tiga hal sederhana yang harus kita lakukan untuk mencegah penularan virus corona. Jika kita melakukan 3 hal ini dengan baik kecil kemungkinan kita tertular virus corona.

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button