Health

Cara Kendalikan Stres yang Sering Anda Rasakan

Di waktu-waktu pekan ujian biasanya membuat pikiran penuh dengan berbagai materi ujian yang harus dipelajari, selain ada ujian masih ada tugas dari mata kuliah lain yang menuntut untuk diselesaikan juga. Hal itulah yang membuat biasanya tubuh menjadi stres. Stres merupakan respon alami yang muncul ketika kita sedang menanggapi tuntutan yang terus berubah, namun tidak semua orang bisa mengendalikan kondisi ini dengan baik. Berikut ini merupakan beberapa strategi untuk mengendalikan stres Anda! 5A (Avoid, Alter, Adapt, Accept, Adopt) And Fun!

Hindari stres yang tidak perlu (Avoid unnecessary stress)

Tidak semua stres bisa kita hindari namun beberapa bisa dihindari dengan cara menghindari orang-orang yang membuat kamu semakin stres dan kendalikan lingkungan kamu dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan

Ubah situasi (Alter the situation)

Jika kamu tidak bisa menghindari situasi yang membuat stres maka cobalah mengubah situasi tersebut dengan melakukan berbagai hal seperti melakukan kompromi dengan teman agar mereka tidak membuat kamu lebih stres, lebih tegas, dan kelola waktu kamu dengan baik

Adaptasi dengan stresor (Adapt to the stressor)

Jika stresor tidak bisa diubah maka ubahlah diri kamu agar kamu dapat beradaptasi dengan situasi yang seperti ini. Kamu bisa melakukan hal ini untuk beradaptasi dengan stresor seperti mencoba melihat situasi penuh tekanan dengan perspektif yang lebih positif, sesuaikan dengan standar kamu yang masuk akan untuk diri kamu sendiri dan orang lain, serta fokus pada hal-hal yang positif untuk membuat kamu menghargai apa yang sudah dilakukan untuk hidup kamu.

Menerima sesuatu yang tidak bisa kamu ubah (Accept the things you can’t change)

Beberapa stres tidak dapat dihindari, tidak bisa dicegah, ataupun dibuang sehingga dalam hal ini kamu hanya bisa menerima dengan apa adanya dengan melihat sisi baik yang terjadi pada hidup kita.

Memilih Healthy Lifestyle (Adopt a healthy lifestyle)

Kamu dapat meningkatkan ketahanan dalam menghadapi stress dengan memperkuat kesehatan fisik Anda melalui olahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, tidur yang cukup, serta mengurangi makanan atau minuman yang mengandung kafein dan gula yang berlebih..

Make time for fun and relaxation

Jika kamu meluangkan waktu untuk bersenang-senang dan relaksasi secara teratur maka kamu bisa menangani stress di kehidupanmu dengan lebih baik dengan melakukan sesuatu yang kamu sukai dan beristirahat dari melakukan aktivitas yang membuat stress sejenak untuk membuat anda kembali kedalam keadaan baik untuk melakukan sesuatu

Show More

Mia Muthiasari

Lulusan Gizi - Universitas Indonesia. Content Writer Coordinator di Sadkes.net

2 Comments

  1. bulan ini materi safety talk saya kebetulan tentang sehat mental, saya perkenalkan 3B kepada karyawan, saat stress menghampiri :
    Bercerita : Cerita masalahmu kepada orang orang yang dapat kamu percaya, bisa dengan sahabat, keluarga, ataupun atasan di kantor
    Bersenang senang : Luangkan waktu, di akhir pekan atau hari libur untuk bersenang senang, seperti bersilahturahmi dengan keluarga, olahraga, main game, nonton bioskop, atau hal hal positif lainnya yang dapat menimbulkan kelegaan di dalam diri.
    Beribadah : Berhubungan dengan tuhan tentunya sangat penting, dan tidak boleh dilupakan, agar kita selalu datang sehat, kerja semangat dan pulang selamat, hati pun tenang.

    Sekilas sharing dar saya 😀

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button