Health

Sudah Benarkah Metode Diet yang Kamu Jalankan?

Pada era globalisasi yang terjadi saat ini, kelebihan berat badan dan obesitas sering dijumpai pada masyarakat, baik pada wanita maupun pria. Perubahan terhadap peningkatan produksi makanan, urbanisasi, dan pola hidup yang serba instant menyebabkan perubahan pola makan yang mengakibatkan orang-orang lebih banyak memakan makanan yang mengandung kadar lemak, gula, dan garam yang tinggi serta kandungan buah, sayur, dan gandum yang rendah. Kebiasaan mengkonsumsi makanan tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit tidak menular, seperti jantung, diabetes, stroke, dan sebagainya[1]. Selain dapat meningkatkan risiko penyakit, obesitas juga dianggap dapat menimbulkan ketidaknyamanan atau menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Keadaan diatas mengakibatkan banyak orang yang mencoba untuk menjaga atau menurunkan berat badannya dengan berbagai macam cara, metode, dan perilaku diet. Di antara metode diet yang ada, beberapa cara yang ditawarkan oleh orang-orang yang tidak ahli dalam bidang yang bersangkutan. Metode tersebut dibuat dengan harapan dapat menurunkan berat badan dengan cepat tanpa melihat sisi kesehatan atau dampak kesehatan yang akan dialami orang tersebut. Beberapa dari cara tersebut justru menimbulkan efek samping yang merugikan bahkan membahayakan bagi tubuh seperti penipisan usus dan peningkatan asam lambung. Selain itu, pengurangan beberapa jenis makanan dapat mengganggu sistem kerja tubuh, misalnya dengan tidak memakan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D seperti daging, ikan, susu akan mengakibatkan pengeroposan tulang atau osteoporosis[2].

Menurut Dr. Grace Judio-Kahl, dokter ahli nutrisi yang mendalami bidang Weight Control and Obesity Management, setiap jenis diet mempunyai peruntukan berbeda yang dampak dan hasilnya juga bisa berbeda ketika diterapkan pada satu orang dan orang lainnya oleh sebab itu individu yang ingin menjaga dan menurunkan berat badan haruslah mengikuti perilaku diet yang dianjurkan oleh ahli dan dapat dibuktikan tidak menyebabkan efek samping atau dampak buruk terhadap kesehatan[3].

Untuk memulai diet yang baik, kita perlu mengetahui metode diet yang terbaik. Banyaknya mitos yang beredar mengenai cara diet membuat orang cenderung melakukan diet yang salah. Berikut adalah mitos-mitos mengenai diet yang tidak asing lagi di telinga kita.

Halaman Selanjutnya :   2 , 3, 4

Show More
Back to top button
Close
Close