Health

10 Benda yang Sering Kamu Pakai ini Lebih Kotor dibandingkan Toilet!

Menurutmu benda apa yang mengandung banyak kuman? Toilet? Hmm kamu salah ternyata ada benda yang lebih kotor dibandingkan toilet loh, dan beberapa diantaranya sering banget kita pake sehari-hari. Apa aja ya? Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Charles Gerba dikutip dari www.news.com.au berikut adalah benda yang mengandung banyak kuman:

1.  Spons pencuci piring

Spons pencuci piring ternyata memiliki 775.460.560 kuman. Perhitungan kuman dilakukan per inci permukaan. Permukaan lembab pada spons adalah tempat ideal bagi pertumbuhan bakteri. Proses pembersihan menggunakan spons menyebabkan kuman berpindah dari satu benda ke benda lainnya.

Bagaimana cara membersihkannya? Ganti spons satu kali dalam seminggu, keringkan spons setelah digunakan karena beberapa bakteri hanya tahan beberapa jam dalam udara kering, sebelum dikeringkan bersihkan terlebih dahulu spons dari bahan-bahan organik, dapat menggunakan microwave selama 1 menit untuk sterilisasi spons.

2.  Kitchen Tap Handle

Memiliki 228.854 total kuman per inci permukaan. Bagaimana cara membersihkannya? Bersihkan tanah yang terlihat pada permukaan, kemudian lap dengan menggunakan lap dan cairan pembersih. Biarkan permukaan basah selama 30 detik untuk membunuh 99.9% kuman.

3. Troli Belanja

Troli belanja terdapat 138.000 kuman. Troli belanja dapat terpapar kuman dari makanan dan bayi/balita yang duduk diatas troli. Troli belanja lebih kotor dibandingkan benda di tempat public lainnya. Bakteri koliform dideteksi terdapat di 72 % dari 85 troli belanja yang diperiksa. Anak-anak diketahui berisiko untuk terinfeksi oleh salmonella dari cara ibunya yang menaruh anaknya diatas troli ketika berbelanja. Cara membersihkannya? Bawa lap sanitizer, kemudian lap pegangan troli dan keranjang troli tempat anda menaruh anak-anak. Hindari menyeka wajah dan cuci tangan setelah memegang troli.

4.  Keyboard dan Mouse

Keyboard atau Mouse terdapat 79.000 kuman. Hal ini dikarenakan pengguna personal computer jarang membersihkan keyboard mereka. Tips! Bersihkan keyboard atau mouse PC dengan sanitizer minimal 1 kali seminggu atau lebih jika kamu sedang sakit atau orang lain menggunakan komputermu.

5.  Talenan

Talenan atau Papan Potong terdapat 61.597 kuman. Kuman dapat berasal dari daging mentah yang dipotong diatas papan potong yang menyebabkan kontaminasi silang dengan makanan lainnya. Cara membersihkannya : untuk papan berbahan kayu sebaiknya digosok dengan air panas bersabun untuk menghilangkan tanah dan membunuh bakteri. Jika papan potong berbahan plastic dapat dibersihkan dengan merendamnya dengan larutan yang menggandung 10 % pemutih dan 10% larutan cuka.

6.  Keran/ Pegangan Pintu Kamar Mandi

Keran dan pegangan pintu kamar mandi terdapat 50.068 kuman. Tips memebersihkannya dengan diseka menggunakan lap sanitizer 2 kali seminggu.

7.  Remote Control

Remote Control terdapat 17.000 kuman. Sebaiknya bersihkan remote control2 kali seminggu.

8. Handphone

Handphone memiliki 11.020 kuman. Penelitian di Inggris tahun 2013 dengan metode swab mengungkapkan bahwa dari 30 tablet yang diperiksa ternyata memiliki 600 unit kuman staphylococcus per usapan, sedangkan telpon genggam memiliki 140 unit kuman per usapan. Jika dibandingkan dengan tempat dudukan toilet yang hanya 20 unit per usapan ternyata telpon genggam dan tablet lebih kotor. Tips! Bersihkan permukaan handphone mu setiap hari.

9.  Tombol Pintu

Tombol pintu terdapat 8.643 kuman. Kuman dapat dengan mudah berpindah pada tombol pintu dan pegangan lainnnya seperti pegangan pintu lemari es. Setiap orang dapat memindahkan bakteria dari tangannya kemanapun termasuk tombol pintu, dan bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit. Tips! Sebaiknya tombol pintu dibersihkan minimal 1 kali seminggu, dan lebih sering dibersihkan jika kita sedang sakit. Bersihkan tangan kita berkala, walaupun tidak terlihat kotor. Namun jangan terlalu sering dibersihkan karena akan merusak asam lemak di kulit kita sehingga kulit mudah mengelupas dan menyebabkan infeksi.

10.  Tempat Dudukan Toilet

Tempat dudukan toilet memiliki 1.201 kuman. Hal ini dapat dikarenakan tempat dudukan jarang dibersihkan secara berkala. Tips! Bersihkan tempat dudukan toilet apabila dibutuhkan menggunakan sanitizer, biarkan 30 detik.

Sumber: http://articles.mercola.com/sites/articles/archive/2003/12/06/household-items.aspx

http://www.news.com.au/lifestyle/home/the-shocking-bacteria-count-of-daily-items/story-fneuz5ql-1226606341167

http://www.rd.com/home/cleaning-organizing/germs-toilet-seat/

 

Show More

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button