Safety talks

Berkendara Saat Musim Hujan

Berkendara saat musim hujan perlu kewaspadaan. Terlebih lagi jika jarak rumah dan tempat kerja relative jauh serta melewati jalan yang berpotensi banjir ataupun licin. Sehingga perlu kami sampaikan mengenai tips berkendara saat musim hujan.

Jika perusahaan tidak menyediakan fasilitas jemputan, maka dapat dipastikan bahwa hampir seluruh karyawan akan memilih menggunakan transportasi berupa mobil dan sepeda motor ketika berangkat kerja. Untuk menghadapi musim penghujan ini, serta menghindari potensi kecelakaan lalu lintas berikut tips berkendara aman ketika musim hujan :

Pastikan tubuh dalam kondisi prima

Hindari berkendara baik menggunakan sepeda motor ataupun mobil ketika tubuh kurang fit. Jika berkendara menggunakan sepeda motor, pastikan membawa jas hujan. Gunakan jas hujan dengan warna terang serta nyaman digunakan.

Lakukan pengecekan kendaraan sebelum digunakan

Berkendara saat musim hujan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kondisi lainnya. Kita harus tetap melakukan pengecekan kendaraan sebelum digunakan, di antaranya pengecekan rem, wiper kaca, lampu, ban. Sehingga siap digunakan ketika dibutuhkan. Untuk kondisi helm, ada beberapa kondisi kaca helm yang berembun saat kondisi hujan. Sehingga penting untuk memilih jenis helm yang sesuai.

Safety Tips For Riding a Bike in the Rain | Zameen Blog
Picture : https://www.zameen.com/blog/safety-tips-riding-bike-rain.html

Kenali rute yang akan diambil

Kita harus mengenali rute perjalanan yang akan kita lalui khususnya berkendara saat musim hujan. Pilih rute yang tidak berpotensi banjir.

Berkendara dengan pelan-pelan

Ketika musim hujan terjadi, kita perlu mengalokasikan waktu berangkat kerja lebih awal. Kecepatan berkendara perlu diperhatikan karena jalanan paska hujan akan licin, serta resiko ban selip karena hidroplaning.

Jaga jarak dengan kendaraan lain

Pastikan menjaga jarak dengan kendaraan lain, serta memperhatikan lampu rem kendaraan di depan anda. Beri jarak dengan kendaraan di depan anda setidaknya 5 detik.

Jangan melakukan pengereman mendadak

Melakukan rem mendadak dapat menyebabkan cengkeraman ban ke jalan berkurang sehingga berakibat kendaraan selip, terutama saat jalan licin.

Piih tempat berteduh dengan tepat

Jika kondisi hujan sangat deras, maka mungkin bagi kita untuk memilih menunda perjalanan dan berteduh. Namun pastikan tempat teduh yang kita tuju aman dari potensi bahaya lain misalnya tersambar petir. Oleh karena itu hindari berteduh di bawah pohon saat hujan disertai petir.
Demikian safety talk pada minggu ini.

Demikian safety talks pada hari ini mengenai tips berkendaraan saat musim hujan, semoga kita bisa selalu selamat dalam berkendara.

Selain materi diatas, kami juga menyediakan beberapa contoh JSA. Apa itu JSA? JSA (Job Safety Analysis) adalah tools keselamatan yang dapat digunakan untuk mendefinisikan dan mengendalikan bahaya yang terkait dengan proses, pekerjaan, atau prosedur tertentu. Definisi lain JSA yaitu dapat dikatakan sebagai sebuah prosedur yang membantu mengintegrasikan prinsip dan praktik keselamatan dan kesehatan kerja ke dalam tugas atau operasi pekerjaan tertentu.  Mungkin sebagian dari kita ada juga mengenal istilah JHA (Job Hazard Analysis). Lihat contoh JSA.

Show More

Nonik Sahaya

HSE enthusiast. A long life learner and hse expert in manufacturing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button