Safety talks

Penggunaan Scaffolding atau Perancah yang Aman

Salam safety,

Materi safety talks kali ini adalah mengenai penggunaan scaffolding atau perancah.  Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan perancah

Pilih fondasi yang aman untuk membangun dan memasang perancah.  Perancah hanya boleh dibangun, dimodifikasi dan dibongkar oleh orang terlatih dan kompeten. Perancah hanya dapat digunakan jika pemeriksa / Inspektor sudah melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap struktur dan perancah telah memenuhi persyaratan keselamatan.

Perancah yang sedang dibangun, dimodifikasi atau dibongkar harus terpasang Label warna MERAH dengan tanda peringatan bertuliskan “JANGAN DIGUNAKAN”.  Selama pendirian, modifikasi dan pembongkaran lokasi dibawah tempat bekerja harus dipasang barikade dengan tanda peringatan “ ORANG BEKERJA di ATAS “.

Perbandingan besaran barikade terhadap ketinggian pekerjaan harus dibicarakan saat pertemuan sebelum bekerja.  Pekerja yang mendirikan perancah harus menggunakan tangga untuk memasuki atau menjangkau lokasi bekerja. Mereka dilarang menggunakan pipa perancah untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi bekerja yang lain.

Jika penggunaan scaffolding atau perancah berisiko untuk ditabrak oleh kendaraan yang bergerak maka bagian dasar dari perancah harus dipasang / ditutupi oleh pembatas keras dan diberikan penerangan yang mencukupi.  Saat penyelesaian pekerjaan maka dilarang untuk meninggalkan material perancah di atas lantai kerja / platform, berisiko untuk menjadi benda jatuh (Drop object hazard).

Pastikan perancah stabil. Pindahkan perancah ke posisi yang Anda inginkan, dan pastikan posisinya rata dan aman.  Pasang pagar pembatas. Pagar sangat disarankan untuk semua perancah karena ketinggian peralatan dan risiko jatuh. Pertimbangkan juga untuk menggunakan pengikat dan pelindung jatuh lainnya.

Penggunaan scaffolding
Ilustrasi Pagar Scaffolding (Sumber: wikihow)

Jika dilakukan modifikasi pada sebagian dari lantai kerja maka harus dipasangkan pembatas jelas sehingga tidak dapat diakses pekerja dan terpasang tanga peringatan “Berbahaya perancah tidak Lengkap“  Perancah harus diperiksa secara rutin dalam kurun waktu tidak lebih dari 7 hari. Namun bisa juga diperiksa jika terjadi badai atau kondisi cuaca yang sangat buruk dimana terdapat potensi untuk merusak struktur dari Perancah.  Pekerja atau pengguna perancah juga berkewajiban untuk memeriksa lokasi kerja untuk melihat ada tidaknya bagian – bagian dari perancah yang tidak lengkap atau hilang dan melaporkan ke Petugas Pemeriksa Perancah (Scaffolding inspector) untuk segera diperbaiki.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penggunaan scaffolding yang harus diperhatikan oleh pekerja.

Show More

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button