Health

Fakta tentang Tertawa yang Harus Kamu Ketahui

Apakah anda orang yang suka tertawa?  Jika jawabannya iya, maka anda sangat beruntung.  Karena beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang sering ketawa dalam kesehariannya memiliki kesehatan yang lebih baik daripada orang yang jarang atau sulit tertawa.  Berikut ini, kami akan menyampaikan setidaknya empat hal yang perlu anda ketahui mengenai tertawa.

Mengurangi Rasa Sakit

dr.Ramo Mora-Ripoll dalam bukunya yang berjudul Manual de Medicina y Terapia de la Risa mengatakan bahwa tertawa dapat memicu perubahan pada otot dan sistem kekebalan serta produksi hormon.  Peneliti lain juga mengatakan aktivitas ini bisa meningkatkan sel pembunuh alami, mendongkrak jumlah pereda nyeri alami, meningkatkan kemampuan antiperadangan dan menurunkan kadar kortisol, serta hormon stres yang ada di dalam tubuh.  Inilah salah satu alasan mengapa aktivitas ini dapat mengurangi rasa sakit bahkan bisa juga menghilang rasa sakit.

Menghilangkan Stress

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang sering tertawa akan memproduksi hormon oksitosin dan melatonin.  Yang kita ketahui, kedua hormon tersebut berperan dalam mendatangkan rasa tenang dan nyaman serta dapat menghilangkan stres.  Aktivitas ini juga membuat mood menjadi lebih baik lagi.  Mungkin anda juga pernah mengalami kondisi dimana perasaan sedang kurang enak atau bad mood kemudian anda memilih untuk berkumpul dengan teman-teman anda untuk sekadar mendengarkan canda tawa dari teman-teman.  Inilah mengapa, dewasa ini sering kita dengar terapi tawa.  Baca juga Kenapa Kamu Harus Bangun Pagi.

Membakar Kalori

Tanpa disadari tertawa juga dapat membakar kalori tubuh.  Saat kita tertawa pastinya akan menggerakkan otot-otot tubuh kita, gerakan ini kemudian memberikan respons secara langsung misalnya ke bagian perut kita.  Aktivitas ini juga membuat jantung bekerja lebih ekstra sehingga memerlukan energy padahal energi tersebut didapatkan melalui mengolah lemak yang ada didalam tubuh kita.  Penelitian yang dilakukan Birmingham dan Oxford University tentang tertawa menunjukkan bahwa orang tertawa yang tanpa dibuat dapat menurunkan berat badan bahkan jika dilakukan sepanjang hari, aktivitas ini bisa membakar sekitar 2.000 kalori.

Melancarkan Pernapasan

Dr. Wiliam Fry dari Universitas Stanford mengatakan bahwa satu menit tawa sebanding dengan sepuluh menit latihan mendayung.  Dengan kata lain, tawa merangsang jantung dan paru-paru.  Sehingga hal ini dapat mempercepat seseorang untuk menghirup udara karena saluran pernapasan akan terbuka secara suka rela.

Walaupun aktivitas ini memiliki khasiat yang tinggi untuk kesehatan tubuh, tetapi hal ini tidak boleh dilakukan berlebihan.  Sebab, orang yang tertawa berlebihan akan menyebabkan kematian atau terkena penyakit.  Seperti yang diungkapkan sebuah studi dalam The British Medical Journal bahwa seorang wanita dapat mengalami sindrom jantung kolaps dan meninggal setelah tertawa.  Atau yang mudahnya jika anda sering ketawa dapat dianggap orang lain bahwa anda sedang memiliki masalah dengan kejiwaan.

Hanif, F.P., Sehat itu (Bisa) Murah ! Cukup Ketahui Hal-Hal Sepele Ini yang Bermanfaat bagi Kesehatan. (Jakarta: Flashbooks, 2015) hlm. 99-107

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist. Magister Keselamatan & Kesehatan Kerja Universitas Indonesia

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button
Close
Close