ErgonomiSafety talks

QEC untuk Menilai Paparan Risiko Musculoskeletal di tempat Kerja

Quick Exposure Check (QEC) merupakan sebuah metode yang dirancang oleh Robens Center for Health Ergonomics untuk menilai paparan risiko pada keluhan musculoskeletal di tempat Kerja.  Jenis pekerjaan yang cocok untuk dianalisis menggunakan metode ini seperti penanganan manual, tugas berulang, tugas statis atau dinamis, tugas duduk atau tugas berdiri, dan tugas dengan permintaan visual rendah atau tinggi.  Quick Exposure Check (QEC) adalah metode penilaian paparan yang menggabungkan penilaian observasional dan laporan diri.  Versi pertama QEC diterbitkan dalam laporan penelitian pada tahun 1999 dan terus berkembang hingga saat ini untuk menyesuaikan berbagai kondisi pekerjaan dan bidang ilmu pengetahuan.

QEC membahas beberapa faktor risiko fisik dan psikososial. Faktor risiko fisik termasuk tingkat postur canggung di berbagai bagian tubuh (yaitu leher, punggung, bahu / lengan dan pergelangan tangan), gerakan berulang, penanganan bahan manual, durasi kerja, pengerahan tenaga manual, permintaan visual, mengemudi, dan penggunaan bergetar alat. Faktor risiko psikososial termasuk kecepatan kerja dan stres. Sementara postur, pekerjaan berulang dan penyimpangan dinilai oleh pengamat, faktor risiko lainnya dinilai menggunakan laporan diri pekerja (self assessment). Penilaian pengamat dan pekerja kemudian dikuantifikasi melalui sistem penilaian paparan gabungan.

QEC didesain sedemikian rupa sehingga dalam penggunaanya tidak terlalu menyulitkan pengguna.  Namun untuk penyamaan persepsi dalam pengisian maka diperlukan pelatihan berkaitan pengisian QEC tersebut.  Tahapan pemakaian QEC ada 5 (lima) yaitu self training, observers assessment checklist, workers assessment checklist, calculation dan pertimbangkan aksi berikutnya.

Berikut ini hasil translate dari QEC Reference Guide tersebut

Postur belakang (A1-A3)

Penilaian untuk postur belakang harus dilakukan pada saat ketika punggung paling banyak menerima beban.

1 2Next page
Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

2 Comments

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button