Health

Mengetahui Kondisi Kesehatan dari Warna Feses

  1. Kotoran Berwarna Terang, Putih, atau seperti Dempul : Yang mungkin terjadi : Merupakan tanda adanya masalah dalam sistem yang mengaliri kandung empedu, hati, dan pancreas sehingga tidak dapat mengurai makanan dengan baik.
  2. Kotoran Berwarna Kekuningan yang Terlihat Berminyak atau Mengeluarkan Bau yang Sangat Tidak Enak.: Yang mungkin terjadi : Mungkin merupakan pertanda adanya gangguan penyerapan, seperti penyakit seliak.
  3. Kotoran Berwarna Hitam: Yang Mungkin terjadi : Mungkin ada pendarahan di saluran usus atas infeksi usus, radang usus, atau pendarahan akibat ambeien.
  4. Kotoran Berwarna Merah: Yang mungkin terjadi : Pertanda adanya pendarahan di saluran usus bawah.
  5. Kotoran Cair, Beberapa Kali sehari: Yang mungkin terjadi : Diare akibat infeksi bakteri maupun virus.
  6. Kotoran berwarna Hijau: Yang mungkin terjadi : Biasanya Merefleksikan apa yang anda konsumsi, misalnya sayuran hijau, minuman berwarna hijau atau bahkan suplemen zat besi
  7. Kotoran berbentuk Kecil, Kering dan Keras seperti bola-bola kecil (seperti kotoran kelinci): Yang mungkin terjadi : Sembelit
  8. Kotoran Banyak Lendir Kadang Disertai Darah: Yang mungkin terjadi : Penyakit chron atau peradangan usus.
  9. Kotoran yang Tenggelam atau Terapung: Yang mungkin terjadi : Merupakan indikator tak berbahaya tentang banyaknya gas dalam tubuh Anda.  Namun, jika kotoran tenggelam, keras dan kering, Anda mungkin mengalami sembelit.
  10. Kotoran berbentuk S dan lunak (tetapi tidak cari): Yang mungkin terjadi : BAB Normal

 

Makna Warna Feses
Makna Warna Feses

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist. Magister Keselamatan & Kesehatan Kerja Universitas Indonesia

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button
Close
Close