Safety talks

Sambutan Bulan K3 Nasional tahun 2022

Seperti tahun-tahun sebelumnya menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia menyampaikan sambutannya dalam peringatan bulan K3 Nasional tahun 2022 pada acara peringatan hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional dan pernyataan dimulainya bulan Keselamatan dan Kesehatan kerja tahun 2022.

Medical Signaer in Medical Center

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Selamat pagi

Setelah menyampaikan salam sapa mulai dari ketua Komisi IX DPR RI, gubernur hingga para pimpinan perusahaan dan pekerja seluruh Indonesia. Menteri Ketenagakerjaan (Ida Fauziyah) menyampaikan beberapa hal, yaitu:

Selama dua kali penyelenggaraan peringatan Bulan K3 Nasional, kita semua masih dalam kondisi prihatin dengan adanya Pandemi COVID-19 yang telah terjadi sejak bulan Maret 2020 dan sampai sekarang masih benar-benar hilang walaupun saat ini sudah melandai dan mulai terkendali.

Dalam kesempatan kali ini, Menteri Ketenagakerjaan juga menyampaikan mengenai data kecelakaan kerja dimana pada tahun 2019 terdapat 182 ribu kasus kecelakaan kerja dan sepanjang tahun 2020 terdapat 225 ribu kasus kecelakaan kerja, 53 kasus penyakit akibat kerja yang 11 diantara disebabkan COVID-19. Sepanjang Januari hingga September 2021 terdapat 82 ribu kasus kecelakaan kerja dan 179 kasus penyakit akibat kerja yang 65% disebabkan karena Covid-19. Untuk data kecelakaan kerja sejak di tahun 2018 silahkan cek file terlampir.

Selengkapnya Anda dapat melihat pada lampiran berikut in untuk menyesuaikan gagasan atau plan kedepannya.

Berikut link terkait event Bulan K3 sejak tahun 2018

Pada tahun 2022 juga telah dilakukan berbagai upaya dalam meningkatkan pelaksanaan K3 secara nasional. Adapun upaya tersebut adalah:

  1. Menyederhanakan peraturan perundang-undangan serta standar di bidang K3, termasak tersedianya. Panduan Pengawasan Ketenagakerjaan di masa Pandemi, sebagaimana
  2. Menyederhanakan peran pengawasan di bidang K3
  3. Meningkatkan kolaborasi dengan asosiasi profesi K3.
  4. Meningkatkan peran pengawas bidang K3 dalam pembinaan dan pemeriksaan serta penegakan hukum bidang K3.
Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button