Safety

Form Ergonomi yang Umum digunakan ditempat Kerja

Mungkin para praktisi K3 sudah tidak asing lagi dengan istilah ergonomi. Bahaya ergonomi merupakan salah satu potensi bahaya yang kerap di jumpai di beberapa tempat kerja.  Masih adanya aktivitas manual handling dan beberapa pekerjaan lain yang memang tak dapat digantikan oleh robot dan alat lainnya merupakan alasan bahaya ergonomi masih sering dijumpai. Berikut ini akan kami berikan contoh beberapa form ergonomi yang sering digunakan oleh para praktisi K3 dalam mengukur risiko ergonomi di tempat kerja misalnya REBA, RULA, ROSA, QEC dll.

Ergonomics means “fitting the job to the worker,”

Ergonomi itu sendiri ada banyak macamnya. Mungkin yang paling sering kita pahami adalah aktivitas seperti yang berkaitan dengan manual handling. Namun sebenarnya egonomi sendiri ada yang namanya Hardware Ergonomic, Environmental Ergonomics, Cognitive Ergonomic dan Macro Ergonomic. Selain itu, keilmuan ergonomi juga tidak berdiri sendiri karena keilmuan ergonomi juga berkaitan dengan kelimuan lainnya seperti dengan fisika, fisiologi, psikologi, anatomi dsb.

Ruang Lingkungan Ergonomi

Hardware Ergonomi

Umumnya menitik beratkan pada human capability & capacity. Aplikasi ilmu untuk analisa, disain, evaluasi dari control, display, workspace arrangement. Topik-topik yang berhubungan dengan hardware ergonomic misalnya pengukuran ketidaknyamanan, observasi postur tubuh, analisas risiko stasiun kerja, penilaian gangguan tulang belakang dan lain-lain.

Environmental Ergonomi

Umumnya menitik beratkan pada human capability & capacity yang berkaitan dengan berbagai kondisi lingkungan misalnya vibrasi, temperature, noise dan pencahayaan. Topik topik yang berhubungan seperti: kondisi suhu lingkungan, kualitas udara di dalam ruangan, pencahayaan, pengukuran kebisingan, dan lain lain.

Cognitive Ergonomi

Umumnya menitik beratkan pada human capability & capacity yang berkaitan dengan perilaku kognitif. Topik topik yang berhubungan seperti: observasi dan wawancara, metode analisa kerja kognitif, prediksi human error , analisa beban kerja, kesadaran situasi, dan lain lain.

Macro Ergonomi

Umumnya menitik beratkan pada human capability & capacity serta organization design. Topik topik yang berhubungan seperti: metode penelitian perilaku dan organisasi, sistem kerja manufaktur, evaluasi dari intervensi sistem kerja,dan analisa serta proses sistem kerja.

Saya lampirkan juga beberapa informasi yang pernah saya share berkait dengan penjelasan diatas.

Berikut adalah form ergonomi yang sering digunakan oleh para praktisi K3 dalam mengukur risiko ergonomi di tempat kerja khususnya berkaitan dengan hardware ergonomi.

NoNama Form Pengukuran ErgonomiLink Download
1Rapid Entire Body Assessment (REBA)Download
2Rapid Upper Limb Assessment (RULA)Download
3Rapid Office Strain Assessment (ROSA)Download
4Quick Exposure Check (QEC)Download
5NIOSH Lifting EquationDownload
6Straining Index CalculatorDownload
7WISHA Lifting CalculatorDownload
8Worksheet Ergonomics [Tambahan]Download

Ada juga Survey Keluhan Gangguan Otot Rangka yang di rilis oleh Perhimpunan Ergonomi Indonesia. Survey form ini merupakan kuesioner Nordic yang telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia sehingga memudahkan dalam pengumpulan data. Kuesioner pada survey ini dapat di isi secara mandiri oleh responden ataupun melalui wawancara. Data hasil penilian risiko ergonomi dengan form-form diatas akan sangat baik jika dikaitkan dengan data survey gangguan otot rangka pada pekerja. Hal ini untuk melihat apakah ada hubungan antara penilaian risiko ergonomi tersebut dengan keluhan gangguan otot rangka pada pekerja. Berikut adalah Form Nordic Body Map yang dimaksud.

Selain itu, terlampir adalah step by step atau pedoman dalam menggunakan form diatas agar rekan-rekan mudah dalam mengimplementasikannya.

NoStep by Step Menggunakan Form ErgonomiLink Download
1Step by Step REBADownload
2Step by Step RULADownload
3Step by Step NIOSH LEDownload
4Other [WISHA, REBA, RULA Etc.]Download

Jika Anda memiliki jenis form penilaian ergonomi lainnya silahkan informasikan kepada kami melalui email hsepedia.id@gmail.com atau tuliskan informasi tersebut pada kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Selain materi diatas, kami juga menyediakan beberapa contoh JSA. Apa itu JSA? JSA (Job Safety Analysis) adalah tools keselamatan yang dapat digunakan untuk mendefinisikan dan mengendalikan bahaya yang terkait dengan proses, pekerjaan, atau prosedur tertentu. Definisi lain JSA yaitu dapat dikatakan sebagai sebuah prosedur yang membantu mengintegrasikan prinsip dan praktik keselamatan dan kesehatan kerja ke dalam tugas atau operasi pekerjaan tertentu.  Mungkin sebagian dari kita ada juga mengenal istilah JHA (Job Hazard Analysis). Lihat contoh JSA.

Anda dapat membeli buku 70 Materi Safety Talks pada link berikut ini.

Klik Beli buku atau Klik Gambar dibawah ini untuk order.

Jika Anda tidak ingin ketinggalan update artikel di HSEpedia ini. Silahkan masukkan email Anda dalam kolom berlangganan dibawah ini. Anda akan mendapatkan notifikasi di email Anda setiap ada artikel baru yang kami publikasikan. Anda pun dapat kapan saja berhenti berlangganan jika menurut Anda artikel kami kurang sesuai dengan keinginan Anda. Terima kasih

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button