Safety

Gambaran Umum Mata Kuliah S2 K3 UI

Pembahasan Mengenai Mata Kuliah S2 K3 UI (Keselamatan dan Kesehatan Kerja Universitas Indonesia) di semester 1

Artikel kali ini saya coba berbagai pengalaman mengenai kuliah S2 K3 UI. Untuk cerita suasana perkuliahan S2 K3 UI sudah di ceritakan oleh rekan saya di tulisannya yang berjudul “Pengalaman Kuliah S2 K3 UI”. Kali ini saya akan mengulas apa saja yang dipelajari selama kuliah di S2 K3 UI. Semoga hal ini bisa menjadi gambaran, bagi rekan-rekan yang ingin berkuliah di K3 khususnya jenjang magister ataupun yang sekarang sedang menempuh S2 di K3 UI.

S2 K3 UI angkatan 2017
S2 K3 UI angkatan 2017

Mata Kuliah S2 K3 UI

Umumnya jadwal kuliah S2 K3 UI dilakukan pada hari Jumat sore dan Sabtu (fullday). Jadwal kuliah S2 K3 UI sepertinya sudah disesuaikan karena melihat banyaknya peminat yang masih sambil bekerja (swasta) khususnya yang tidak bisa mengikuti tugas belajar. Berikut adalah struktur kurikulum program studi magister Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

S2 K3 UI
Kurikulum S2 K3 UI tahun 2019 (43 sks)

***

Kurikulum K3 UI tahun 2020 jenjang magister (40 sks)

Pada kesempatan kali ini kita akan kupas satu per satu mata kuliah yang akan di ajarkan dalam perkuliahan S2 K3 UI.

SEMESTER 1

Kesehatan Masyarakat Intermediate

Dalam jenjang magister K3 UI umumnya terdiri dari berbagai macam background pendidikan dan tempat kerja. Dalam mata kuliah ini anda dijelaskan mengenai definisi dan peranan kesehatan masyarakat, etika dan hukum kesehatan, pelayanan kesehatan serta beberapa hal mengenai update isu-isu terkini kesehatan masyarakat. Saat saya kuliah (tahun 2017) dalam mata kuliah ini diberikan beberapa pemicu diskusi. Misalnya pemicu 1 tentang determminan kesehatan, pemicu 2 etika dan hukum kesehatan dst. Di akhir project, kami diminta membuat sebuah video “Health Campaign” khususnya tentang isu-isu kesehatan masyarakat yang sedang berkembang.

Ada kuliah umum juga yang saat itu tentang “Isu terkini BPJS Kesehatan: Tantangan Cakupan semester 2010, kesinambungan program dan kepuasan peserta” yang disampaikan oleh dr. Dwi Martiningsih, M. Kes, AAK. Serta beberapa kuliah umum lainnya. Melalui mata kuliah kesehatan masyarakat intermediate ini, menurut saya rekan-rekan yang dari background non-kesehatan sebelumnya dapat arti dan isu kesehatan masyarakat. Sebagai bocoran berikut Contoh soal UAS Kesmas Intermediate.

Biostatistik Intermediate

Mengapa Anda perlu belajar statistik? Menurut Pak Iwan (salah satu tim pengajar biostatistik) setidaknya ada beberapa hal mengapa Anda harus belajar statistik antara lain:

  1. Biostatistik adalah aplikasi statistik dalam ranah biologi, seperti kedokteran, gizi, kesehatan masyarakat,dll.
  2. Banyak penelitian di bidang kesehatan yang menggunakan metode biostatistik untuk membuat kesimpulan yang sahih.
  3. Bahkan membaca hasil penelitian di bidang kesehatan memerlukan pengetahuan yang memadai dalam biostatistik.

Dalam hal studi, statistik ini sangat diperlukan dalam melakukan analisis data. Misalnya dalam penelitian yang saya lakukan “Analisis Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Musculosceletal Symptoms pada Pekerja di Karawang”. Saya coba mencari tahu apakah ada hubungan antara keluhan yang dirasakan pekerja dengan berbagai faktor risiko. Tanpa memahami biostatistik tentunya Anda akan kesulitan dalam melakukan analisis tersebut. Tapi tenang sudah banyak tutorial di youtube tentang analisis menggunakan SPSS. Capaian dalam pembelajaran ini kurang lebih ini mahasiswa mampu menganalisis data kesehatan masyarakat dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan metode biostatistics secara tepat sesuai konteks data, dan mampu mengartikan dan menelaah hasil analisis untuk pengambilan keputusan dalam pemecahan masalah kesehatan masyarakat, mencakup statistic deskriptif, statistic inferensia, sampai kepada teknik analisis regresi linier ganda, analisis varians ganda dan analisis regresi logistic ganda.

Sebagai gambaran, dalam mata kuliah Biostatistik Intermediate nanti kurang lebih Anda akan dijelaskan mengenai beberapa topik bahasan seperti bagaimana cara membuat tabel, grafik yang baik, Probabilitas, Distribusi sampel, Estimasi, Prinsip uji statistik, Regresi linier dll. Contoh tugas. Contoh Tugas Biostatistik

Epidemiology Intermediate

Nah, selama kondisi pandemic Covid-19. Istilah epidemiologi ini mulai banyak di kenal oleh masyarakat. Ya, dalam pembelajaran K3 di UI terdapat mata kuliah epidemiologi intermediate. Apa yang dipelajari dalam mata kuliah ini?

Dalam buku Foundations of Epidemiology (1994) karya David E Lilienfeld, epidemiologi digambarkan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang sifat, penyebab, pengendalian, dan faktor yang mempengaruhi frekuensi (enumerasi jumlah yang ada atau tingkat perkembangan dalam periode waktu spesifik) dan distribusi penyakit dalam populasi manusia. Dalam epidemiologi kita juga akan mempelajari bagaimana determinan (faktor yang mempengaruhi distribusi) serta metode untuk mendeskripsikan frekuensi dan distribusi untuk menentukan kausal distribusi penyakit dalam populasi. Menurut hemat saya, itu juga akan dipergunakan dalam populasi tempat kerja. Contoh Soal UTS Epid Intermediate & Contoh Soal UAS Epidemiologi Intermediate

Prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Untuk mata kuliah prinsip K3, secara umum adalah mengulas mengenai dasar-dasar K3 lebih mendalam. Secara umum, dalam mata kuliah ini menjelaskan kembali mengenai definisi keselamatan kerja, kesehatan kerja, bahaya, risiko, ergonomi, hygiene industri, sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja, serta teori-teori perilaku K3.

Human Factors

Dalam mata kuliah manajemen aspek manusia dalam K3 (dulu sering disebut faktor manusia) di kurikulum S2 K3 UI ini kita akan mempelajari berbagai macam teori dalam perubahan perilaku manusia. Mengapa kita harus belajar ini? Berbeda dengan robot atau mesin yang jika ada kesalahan sedikit kemudian kita bisa melakukan setting atau pencet tombol tertentu. Tetapi manusia, kita harus memahami perilaku-perilaku dalam manusia untuk bisa mengubah perilakunya. Nanti anda yang berkuliah di K3 UI akan membahas mengenai sejumlah teori perilaku seperti Health Belief Model (HBM), Thepry of Reason Action (TRA), Social Cognitive Theory (SCT), Trans Theoretical Model (TTM), Teori Ramsey dan Domino, Concept Shell Model, Swiss Cheese Model dan Human Eror.

Swiss cheese model
Swiss Cheese Model

Dari yang saya sampaikan diatas, mungkin beberapa diantara kalian sudah familiar dengan domino ataupun swiss cheese model. Nah, dalam perkuliahan S2 K3 UI ini nantinya akan dibahas satu per satu mengenai teori dan konsep tersebut.

Heinrich - Domino Theory
Domino Theory

Lanjut Pembahasan Matakuliah Semester 2

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button