Safety talks

Waspada Bahaya Pengelasan

Pengelasan (welding) merupakan aktivitas yang memiliki sejumlah bahaya.    Berikut ini adalah beberapa bahaya dan risiko dari aktivitas pengelasan yang harus di hindari oleh pekerja:

Beberapa Bahaya Pengelasan:

Flash Burn

Pengelasan dapat menghasilkan cahaya atau kilatan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan, bahkan sampai kebutaan sementara jika pekerja tidak menggunakan pelindung mata yang tepat.

Sengatan Listrik

Sengatan listrik adalah salah satu risiko yang umumnya dihadapi oleh pekerja pengelasan (Arc welding).  Hal ini dapat terjadi jika ketika pekerja menyentuh dua benda logam yang memiliki tegangan.  Untuk itu penting untuk memastikan bahwa kabel listrik tidak ada yang rusak/ terbakar atau koneksi yang salah.  Sarung tangan dan pakaian harus dalam kondisi baik dan kering ketika pekerja menangani peralatan tersebut.  Beberapa tukang las mencoba mengganti elektroda las atau ujung kontak dengan tangan kosong, alih-alih mengenakan sarung tangan las yang kering.  Padahal ketika anda berkeringat disitulah sebenarnya anda sedang basah sehingga ada potensi terkena sengatan listrik.

Baca juga Materi Safety Talk lainnya

Asap dan Gas

Pengelasan yang melibatkan pembakaran sehingga dapat mengasilkan sejumlah asap dan gas.  Umumnya asap dan gas ini mengandung sejumlah bahan kimia berbahaya seperti argon, karbon monoksida, mangan, hydrogen sulfide dll.  Dalam waktu tertentu, menghirup udara yang mengandung bahan kimia tersebut akan membahayakan paru-paru kita bahkan ada risiko terkena kanker.  Paparan berkepanjangan terhadap mangan dikaitakan dengan terjadinya Parkinson dan gangguan syaraf lainnya.  Selain itu, paparan langsung ke mata juga dapat membuat iritasi pada mata.

Bahaya Pengelasan

Jika pengelasan di lakukan dalam ruang yang terbatas, tentunya ini berpotensi lebih membahayakan.

Bahaya Kebakaran

Pengelasan tentunya menghasilkan percikan api yang dapat menjadi sumber kebakaran.  Untuk itu, sangat disarankan agar saat melakukan proses pengelasan, juga memastikan tersedianya alat pemadam api yang memadai disekitar area.  Selain itu, pekerja juga harus memastikan bahwa disekitar area pengelasan tidak ada bahan-bahan yang mudah terbakar atau meledak.

Panas

Proses pengelasan tentunya melibatkan suhu yang yang ekstrem.  Sehingga pekerja memiliki potensi untuk mengalami luka bakar pada kulit.  Untuk itu, dipastikan bahwa saat melakukan aktivitas ini segala APD yang dipersyaratkan telah digunakan.

Ergonomi

Bahaya ergonomi juga dapat terjadi pada pekerja pengelasan. Posisi/ postur kerja yang tidak baik (Awkward posture) saat melakukan pengelasan tentunya akan menimbulkan beberapa masalah yang terkait dengan ergonomi. Untuk itu, penting memperhatikan posisi yang ergonomis saat melakukan pengelasan.

Macam-macam bahaya pengelasan sesuai jenisnya (https://www.ccohs.ca)

Perlu kami ingatkan, sekalipun anda sudah memiliki seritifkasi kompetensi sebagai seorang ahli dalam bidang pengelasan.  Bahaya dan risiko ini perlu terus anda perhatikan dan hindari.  Tidak terjadinya kecelakaan atau penyakit yang anda rasakan saat ini bukan berarti aktivitas pengelasan menjadi aktivitas yang aman untuk dilakukan.  Untuk itu, tetap waspada dan jadilah pelopor dalam bekerja selamat.

Show More

Joko Priono, M.K.K.K.

HSE Senior Specialist at Multinational Automotive Company. Master of Occupational Health & Safety- Universitas Indonesia.

One Comment

Tinggalkan Komentar di sini

Back to top button
Close
Close